Tujuan dan Tugas Pokok Gerakan Pramuka

Kemah Pramuka

Maksud dan Tujuan Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka didirikan dengan maksud memberi wadah pembinaan generasi muda yang menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK dan MK) yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia agar mereka menjadi:
1.  Manusia berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur yang:
a. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat menyal dan tinggi moral.
b. Tinggi kecerdasan dan mutu ketrampilannya.
c. Kuat dan sehat jasmaninya.

2. Warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri, mampu  menyelenggarakan pembangunan serta memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan lingkungan.
Tugas Pokok Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan bagi kaum muda melalui kepramukaan di lingkungan luar sekolah yang melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga dan sekolah dengan tujuan:
  1. Membentuk kader bangsa sekaligus kader pembangunan yang beriman dan bertakwa serta berwawasan ilmu pengetahuan.
  2. Membentuk sikap dan perilaku positif, menguasai keterampilan dan memiliki ketahanan fisik dan mental sehingga dapat menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia yang percaya pada kemampuan diri sendiri, sanggup membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

Komentar