Menuju Raimuna Cabang V Kwarcab Purbalingga

Sebanyak 20 peserta terdiri dari 10 putra dan 10 putri Ambalan Jenderal Soedirman dan Dewi Sartika (Jensudtika) pangkalan SMAN 1 Rembang bersiap mengikuti kegiatan besar tingkat Kwarcab Purbalingga yaitu Raimuna Cabang (Raicab) V tahun 2016. Libur semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 tidak menghalangi peserta untuk hadir di pangkalan. Semua sibuk bekerja, termasuk para pembina.

Fokus utama selama persiapan adalah giat prestasi Raicab V yaitu Kebersihan Kerapihan dan kelengkapan (K3) Perkamahan, Lomba Dolanan Bocah, dan Lomba Foto Pramuka. Masing-masing giat prestasi akan diambil Juara 1, 2 dan 3.

Peserta Raimuna Cabang V sedang mempbuat perlengkapan tenda Raimuna
Peserta Raimuna Cabang V sedang mempbuat perlengkapan tenda Raimuna

Untuk K3 Perkemahan, peserta sepakat membuat konsep HIAS (Hijau Indah Alami Sederhana). Barang-barang yang digunakan untuk membuat perlengkapan tenda seperti pagar keliling, gerbang, hiasan dan perlengkapan lainnya menggunakan barang-barang bekas yang ada di pangkalan. Kayu dan bambu bekas rehab gedung dimanfaatkan sepenuhnya untuk melengkapi pertendaan. 

Pot-pot tanaman hias dibuat dari bahan alami nonplastik seperti tempurung kelapa dan bambu. Konsep ini selaras dengan persiapan pangkalan mengikuti penilaian Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017.
Pembuatan pot gantung tanaman hias dari bambu
Peserta Raimuna Cabang V sedang membuat pot gantung tanaman hias dari bambu.

Ketua sangga putra, Dwi Nur Prasetyo, menyampaikan bahwa dia dan seluruh anggota sangga siap bekerja semaksimal mungkin agar bisa memperoleh hasil sesuai dengan harapan. "Kami siap bekerja sekuat tenaga karena kami ingin menang, meskipun ini sedang libur tapi tidak masalah setiap hari datang ke pangkalan untuk mempersiapkan Raicab", ungkap Dwi Nur Prasetyo di sela-sela kesibukannya.

Raimuna Cabang V Kwarcab Purbalingga akan diselenggarakan pada 26 s.d. 30 Desember 2016 di Bumi perkemahan Munjulluhur desa Karangbanjar kecamatan Bojongsari Purbalingga. Raimuna merupakan kegiatan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang diselenggarakan oleh dalam bentuk perkemahan yang dilaksanakan. Raicab diikuti oleh perwakilan gugusdepan penegak dan Dewan Kerja Ranting di tiap Kwartir Ranting.

Komentar