Selamat Datang, Tamu Ambalan Jenderal Soedirman Dewi Sartika

Ambalan Jenderal Soedirman dan Dewi Sartika (Jensudtika) Pangkalan SMA Negeri 1 Rembang mengadakan kegiatan perkemahan penerimaan tamu ambalan pada 20 s.d. 21 Juli 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 287 peserta didik baru SMA Negeri 1 Rembang tahun pelajaran 2018/2019. Tujuannya untuk memperkenalkan sistem kepramukaan di ambalan Jensudtika.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan pada Jumat 20 Juli 2018 di lapangan upacara SMAN 1 Rembang. Pembina upacara, Kak Doriyanto berpesan agar para peserta bisa menjaga kedisiplinan dan mematuhi seluruh peraturan yang berlaku. Kak Dori juga berpesan kepada seluruh Dewan Ambalan agar bersikap sesuai kode kehormatan Pramuka, menghormati yang tua dan menyeyangi yang muda. Tidak boleh bersikap arogan kepada adik-adik tamu ambalan apalagi sampai terjadi kontak fisik.
Perkemahan peserta didik baru Ambalan Jenderal Soedirman dan Dewi Sartika (Jensudtika) Pangkalan SMA Negeri 1 Rembang
Upacara pembukaan perkemahan penerimaan tamu ambalan Jenderal Soedirman dan Dewi Sartika pangkalan SMA Negeri 1 Rembang tahun 2018
Setelah upacara pembukaan dilanjutkan materi orientasi gugusdepan oleh Kak Rasito. Pada kesempatan itu disampaikan hal-hal yang berkaitan dengan gerakan pramuka secara umum dan kepramukaan di SMAN 1 Rembang. Hal utama yang disampaikan adalah persiapan secara mental dan fisik dari Pramuka golongan Penggalang menjadi Penegak.

Jumat malam diisi dengan upacara api unggun yang dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni. Seluruh sangga diberi kesempatan untuk tampil menunjukkan bakat masing-masing di bidang seni. Acara ini dilaksanakan di GOR SMAN 1 Rembang.

Proses penerimaan tamu ambalan dilaksanakan menjelang subuh. Semua peserta dikumpulkan di GOR SMAN 1 Rembang dipandu oleh Kak Doriyanto. Selama setengah jam, seluruh peserta mengikuti proses penerimaan dengan khidmat. Pengucapan Tri Satya menjadi simbol penerimaan secara resmi. Selesai pelantikan, kegiatan dlanjutkan istirahat hingga waktu Subuh.

Sabtu pagi, seluruh peserta mengikuti kegiatan penjelajahan. Rute penjelajahan mengambil lingkungan sekitar pangkalan. Dalam penjelajahan itu disertai motivasi dan pemantapan untuk menjadi anggota Pramuka Ambalan Jensudtika.

Acara diakhiri dengan upacara penutupan pada Sabtu (21/07) pukul 14.00 WIB. Pada upacara penutupan, Pembina upacara mengucapkan terima kasih atas suksesnya penyelenggaraaan perkemahan penerimaan tamu ambalan. Dia berpesan agar setiap anggota Pramuka bisa menjadi pribadi yang kuat, tangguh, pantang menyerah dan selalu bekerja keras.

Komentar