Ambalan Jensudtika Gelar Kegiatan Pelantikan Bantara 2019

Pelantikan bantara Ambalan Jenderal Soedirman Dewi Sartika SMAN 1 Rembang tahun 2019

Ambalan Jenderal Soedirman dan Dewi Sartika pangkalan SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga menyelenggarakan kegiatan Pelantikan Bantara pada Sabtu s.d. Minggu 20 s.d. 21 April 2019. Kegiatan dilaksanakan di 2 tempat yaitu di SDN 2 Karangtengah Kecamatan Kertanegara dan pangkalan SMAN 1 Rembang. Sebanyak 280 peserta didik kelas X mengikuti kegiatan tersebut. Titik kumpul peserta di SDN 2 Kertanegara pada Sabtu pukul 14.00 WIB.

Upacara pembukaan dimulai pukul 14.30 WIB dihalaman SDN 2 Karangtengah. Setelah upacara dilanjutkan dengan ibadah salat Ashar, dinamika kelompok dan permainan Pramuka hingga pukul 17.30. Selanjutnya peserta dipersilakan istirahat, makan, mandi dan keperluan pribadi lainnya hingga pukul 19.30. Beberapa acara sempat tertunda karena hujan deras yang mengguyur lokasi kegiatan menjelang maghrib.

Pukul 19.30 kegiatan kembali dilanjutkan dengan materi wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Kak Doriyanto. Dia menyampaikan beragam kelebihan yang dimiliki bangsa Indonesia dan juga potensi yang menjadi kekurangannya. Tugas generasi muda adalah melestarikan dan mempertahankan segala kelebihan yang dimiliki bangsa Indonesia dan memperbaiki serta menghindari segala potensi yang bisa menyebabkan bangsa Indonesia menjadi lemah dan tidak berdaya saing.

"Perbedaan negara maju dengan negara berkembang bukan dari usia negara tersebut, bukan juga dari ketersediaan sumber daya alam, tapi dari karakter dan mental warga negaranya. Contohnya Jepang, hancur lebur pada tahun 1945 namun kita tahu sekarang perekonomiannya termasuk terbaik di dunia, itu karena warga negaranya memiliki karakter disiplin, kerja keras, pantang menyerah dan tidak tergoyahkan oleh pengaruh dari luar. Sekarang bagaimana dengan kita, mari kita tanyakan kepada diri kita sendiri, apakah kita sudah menjadi warga negara yang baik?" ungkap Kak Doriyanto.

Setelah materi wawasan kebangsaan, kegiatan selanjutnya adalah perjalanan malam menuju pangkalan SMAN 1 Rembang. Mulai pukul 22.30 WIB seluruh peserta berjalan kaki dari SDN 2 Karangtengah menuju pangkalan sejauh 12 km. Kegiatan ini bertujuan melatih keberanian, kedisiplinan serta kekuatan fisik dan mental. Dalam perjalanan sudah disediakan pos-pos materi oleh panitia, yaitu pos pengethauan umum, keagamaan, pionerring dan kemampuan indra manusia. Seluruh peserta tiba di pangkalan pada Minggu pukul 04.00 WIB.

Pelantikan dilaksanakan pada pukul 09.00 di pangkalan SMAN 1 Rembang oleh Kak Purwito, Kamabigus Gudep 13.701 dan 13.702 pangkalan SMAN 1 Rembang. Dalam amanatnya, Kak Purwito menyampaikan agar seluruh Bantara bisa menjadi contoh dan teladan bagi rekan-rekannya. Beliau juga berpesan agar setiap Pramuka selalu mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma setiap saat kapan pun dan di mana pun berada.

Komentar