Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan 2015

Ambalan Jenderal Soedirman dan Dwi Sartika (Jensudtika) Pangkalan SMA Negeri 1 Rembang mengadakan kegiatan perkemahan penerimaan tamu ambalan pada 1 s.d. 2 Agustus 2015. Kegiatan yang berpusat di pangkalan ini bertujuan agar calon anggota ambalan yang baru saja diterima sebagai peserta didik kelas Sepuluh SMAN 1 Rembang bisa secara resmi menjadi anggota Ambalan Jensudtika.

Kegiatan ini diikuti oleh 223 calon anggota terdiri dari 64 calon anggota laki-laki dan 160 perempuan. Acara dimulai pada Sabtu (01/08) pukul 08.00 WIB dengan upacara pembukaan yang hadiri oleh jajaran Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus). Kamabigus 13.701/13.702, Purwito, S.Pd., selaku Pembina upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa setiap Pramuka harus mampu menerapkan dan mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma kapan saja dan di mana saja dia berada. Ia juga menghimbau agar semua peserta bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik.
Pendirian tenda perkemahan penerimaan tamu ambalan 2015
Pendirian tenda perkemahan penerimaan tamu Ambalan 2015

Setelah upacara pembukaan dilanjutkan dengan pendirian tenda di lapangan upacara pangkalan SMAN 1 Rembang. Selesai mendirikan tenda, semua peserta mengikuti kegiatan perlombaan yang diselenggarakan oleh panitia.

Pada malam minggu, acara berupa motivasi kebangsaan dan api unggun. Dalam acara motivasi kebangsaan, peserta perkemahan dibekali materi wawasan kebangsaan dan motivasi patriotisme dan nasionalisme. Pukul 21.00 WIB seluruh peserta mengikuti kegiatan api unggun yang berlokasi di halaman parkir depan. Dalam acara itu, tiap peserta menampilkan pentas seni untuk menghangatkan suasana dan menambah keakraban.

Tepat tengah malam, acara diakhiri dengan prosesi penerimaan dan pelantikan tamu ambalan. Selama setengah jam, seluruh peserta mengikuti proses penerimaan dengan khidmat. Pengucapan Tri Satya menjadi simbol penerimaan secara resmi. Selesai pelantikan, kegiatan dlanjutkan istirahat hingga waktu Subuh.

Minggu pagi, seluruh peserta mengikuti kegiatan penjelajahan. Rute penjelajahan mengambil lingkungan sekitar pangkalan. Dalam penjelajahan itu disertai motivasi dan pemantapan untuk menjadi anggota Pramuka Ambalan Jensudtika.

Acara diakhiri dengan pembongkaran tenda dan upacara penutupan pada Minggu (2/08) pukul 14.00 WIB. Pada upacara penutupan, Pembina upacara mengucapkan terima kasih atas suksesnya penyelenggaraaan perkemahan penerimaan tamu ambalan. Dia berpesan agar setiap anggota Pramuka bisa menjadi pribadi yang kuat, tangguh, pantang menyerah dan selalu bekerja keras.

Komentar